Lenong merupakan teater tradisional Betawi. Ada dua bentuk
Lenong; Lenong Denes dan Lenong Preman. Tontonan Lenong
Denes (yang lakonnya tentang raja-raja dan pangeran), sekarang
sudah jarang kita jumpai, karena hampir tidak ada penerusnya.
Pertunjukan lenong Preman (yang lakonnya tentang rakyat jelata),
seperti yang kita kenal sekarang, pada mulanya, dimainkan
semalam suntuk. Karena jaman berkembang dan tuntutan
keadaan, maka terjadi perubahan-perubahan. Bersamaan dengan
diresmikannya Pusat Kesenian Jakarta- Taman Ismail Marzuki,
lenong yang tadinya hanya dimainkan di kampung-kampung,
oleh SM. Ardan, dibawa ke Taman Ismail Marzuki, tapi waktu
pertunjukannya diperpendek menjadi satu atau dua setengah
jam saja.
Teater tradisional Betawi yang lain; Topeng Betawi, Topeng
Blantek dan Jipeng (Jinong).
• Lenong menggunakan musik Gambang Kromong
• Topeng Betawi menggunakan musik Tabuhan Topeng Akar
• Topeng Blantek menggunakan musik Tabuhan Rebana Biang
• Jipeng atau Jinong menggunakan musik Tanjidor
Bahasa yang digunakan adalah bahasa Betawi. Berdasarkan
sejarahnya, Lenong mendapat pengaruh dari teater Bangsawan.
2. Longser
Salah satu teater tradisional di Jawa Barat disebut Longser.
Ada yang berpendapat, bahwa kata Longser berasal dari kata
Melong (melihat) dan seredet (tergugah). Diartikan bahwa siapa
yang melihat (menonton) pertunjukan hatinya akan tergugah.
Sebagaimana dengan tontonan teater tradisional yang lain,
tontonan Longser juga bersifat hiburan. Sederhana, jenaka dan
menghibur.
Tontonan Longser bisa diselenggarakan di mana saja, karena
tanpa dekorasi yang rumit. Dan penonton bisa menyaksikannya
dengan duduk melingkar.
3. Ketoprak
Teater Tradisional yang paling populeh di Jawa Tengah adalah
Ketoprak. Pada mulanya Ketoprak hanyalah permainan orang-
orang desa yang sedang menghibur diri dengan menabuh lesung
di bulan Purnama, yang disebut gejogan. Pada perkembangannya
menjadi suatu bentuk tontonan teater tradisional yang lengkap.
Semula disebut ketoprak lesung, kemudian dengan
dimasukkannya musik gendang, terbang, suling, nyanyian dan
lakon yang menggambarkan kehidupan rakyat di pedesaan, maka
lengkaplah Ketoprak sebagaimana yang kita kenal sekarang, yang
pertama kali dipentaskan sekitar tahun 1909.
4. Ludruk
Ludruk merupakan teater tradisional Jawa Timur
yang bersifat kerakyatan. Asal-muasalnya dari Jombang.
Menggunakan bahasa Jawa dialek Jawa Timuran. Pada
perkembangannya, Ludruk menyebar ke daerah-daerah di
sebelah barat, karesidenan Madiun, Kediri hingga ke Jawa
Tengah. Pada tontonan Ludruk, semua perwatakan dimainkan
oleh laki-laki.
Cerita yang dilakonkan biasanya tentang sketsa kehidupan
rakyat atau masyarakat, yang dibumbui dengan perjuangan
melawan penindasan. Unsur parikan di dalam Ludruk
pengaruhnya sangat besar. Misalnya, parikan yang dilantunkan
oleh Cak Durasim di zaman penjajahan Jepang, yang membuat
Cak Durasim berurusan dengan kempetei Jepang. Begini bunyi
parikan itu:
“Pagupon omahe doro
melok Nipon tambah soro”
Yang artinya, kira-kira begini: (Pagupon rumahnya burung
dara Ikut Nipon (Jepang) tambah sengsara).
5. Arja
di Bali cukup banyak bentuk teater tradisional. Di antara
yang banyak itu, salah satunya adalah Arja. Arja juga merupakan
teater tradisional Bali yang bersifat kerakyatan. Penekanan pada
nontonan Arja adalah tarian dan nyanyian. Pada awalnya tontonan
Arja dimainkan oleh laki-laki, tapi pada perkembangannya lebih
banyak pemain wanita, karena penekanannya pada tari.
Arja umumnya mengambil lakon dari Gambuh, yaitu; yang
bertolak dari cerita Gambuh. Namun pada perkembangannya
dimainkan juga lakon dari Ramayana dan Mahabharata. Tokoh-
tokoh yang muncul dalam Arja adalah Melung (Inye, Condong)
pelayan wanita, Galuh atau Sari, Raja Putri, Limbur atau Prameswari,
mantri dan lain sebagainya.
6. Kemidi Rudat
kebudayaan Melayu. Irama musiknya pun bernuansa Melayu.
Dengan instrumen musik rebana, tambur, biola dan gamelan.
Bahkan lakon-lakonnya pun bersumber dari cerita Melayu lama
dan dialognya diucapkan dalam bahasa Melayu.
7. Kondobuleng
Kondobuleng merupakan teater tradisional yang berasal dari
suku Bugis, Makassar. Kondobuleng berasal dari kata kondo (bangau)
dan buleng (putih). Kondobuleng berarti bangau putih. Tontonan
Kondobuleng ini mempunyai makna simbolis. Sebagaimana teater
tradisional umumnya, tontonan Kondobuleng juga dimainkan secara
spontan. Ceritanya simbolik, tentang manusia dan burung bangau.
Dan dimainkan dengan gaya lelucon, banyolan yang dipadukan
dengan gerak stilisasi. Yang unik dari tontonan ini adalah tidak
adanya batas antara karakter dengan properti yang berlangsung
pada adegan tertentu. Mereka pelaku, tapi pada adegan yang sama
mereka adalah perahu yang sedang mengarungi samudera. Tapi
pada saat itu pula mereka adalah juga penumpangnya.
8. Dulmuluk
Dulmuluk adalah teater tradisional yang berasal dari Palembang,
Sumatera Selatan. Nama dulmuluk diambil dari nama tokoh cerita
yang terdapat dalam Hikayat Abdoel Moeloek. Teater tradisional
Dulmuluk ini juga dikenal dengan sebutan Teater Indra Bangsawan.
Tontonan Dulmuluk ini juga menggunakan sarana tari, nyanyi
dan drama sebagai bentuk ungkapannya, dan musik merupakan
bagian yang tidak terpisahkan dari tontonan, karena pemain juga
menyanyikan dialog-dialognya.
Humor dan banyolan sangat dominan dalam tontonan
Dulmuluk, yang memadukan unsur-unsur tari, nyanyi dan drama ini.
9. Randai
Teater Tradisional Randai yang berasal dari Minangkabau,
Sumatera Barat ini bertolak dari sastra lisan yang disebut kaba
(yang artinya “cerita”). Kaba yang berbentuk gurindam dan pantun
didendangkan dengan iringan saluang, rabab, bansi dan rebana.
Tontonan berlangsung dalam pola melingkar berdasarkan gerak-
gerak tari yang bertolak dari silat. Gerak-gerak silat ini disebut
gelombang. Cerita-cerita yang digarap menjadi tontonan adalah
cerita-cerita lisan berupa legenda dan dongeng yang cukup popular
di tengah masyarakat.
Randai adalah tontonan yang menggabungkan musik, nyanyian
tari, drama dan seni bela-diri silat. Umumnya dipertontonkan
dalam rangka upacara adat atau festival.
10.Makyong
Teater tradisional makyong berasal dari pulau Mantang, salah
satu pulau di daerah Riau. Pada mulanya tontonan makyong
berupa tarian dan nyanyian, tapi pada perkembangannya kemudian
dimainkan cerita-cerita rakyat, legenda-legenda dan cerita-cerita
kerajaan. Makyong juga digemari oleh para bangsawan dan para
sultan, sehingga sering dipertontonkan di istana-istana.
Tontonan Makyong diawali dengan upacara yang dipimpin
oleh seorang panjak (pawang) agar semua yang terlibat dalam
persembahan diberi keselamatan. Unsur humor, tari, nyanyi dan
musik mendominasi tontonan.
Tidak seperti tontonan teater tradisional yang lain, dimana
umumnya dimainkan oleh laki-laki, pada tontonan Makyong yang
mendominasi justru perempuan. Kalau pemain laki-laki muncul,
mereka selalu memakai topeng, sementara pemain wanita tidak
memakai topeng.
Cerita lakon yang dimainkan berasal dari sastra lisan berupa
dongeng dan legenda yang sudah dikenal oleh masyarakat.
11.Mamanda
Teater Tradisional Mamanda berasal dari Banjarmasin,
Kalimantan Selatan. Tahun 1897, datanglah rombongan Bangsawan
Malaka ke Banjar Masin, yang ceritanya bersumber dari syair Abdoel
Moeloek. Meskipun masyarakat Banjar sudah mengenal wayang,
topeng, joget, Hadrah, Rudat, Japin, tapi rombongan Bangsawan
ini mendapat tempat tersendiri di masyarakat.
Pada perkembangannya nama Bangsawan merubah menjadi
Badamuluk. Dan berkembang lagi menjadi Bamanda atau mamanda.
Kata Mamanda berasal dari kata “mama” berarti paman atau
pakcik dan “nda” berarti “yang terhormat”. Mamanda berarti
“Paman yang terhormat”. Struktur dan perwatakan pada tontonan
Mamanda sampai sekarang tidak berubah. Yang berubah hanyalah
tata busana, tata musik dan ekspresi artistiknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar