Minggu, 30 Oktober 2016

Tarian Mistis Bareng Boneka Sigale-gale Sumatera Utara


Samosir - Berlibur ke Sumatera Utara tidak lengkap jika hanya menikmati pemandangan alam dan kulinernya saja. Tarian mistis Sigale-gale juga harus traveler coba.  Umumnya Sumatera Utara identik dengan Danau Toba dan Pulau Samosir. Keindahan pemandangan dua destinasi ini sudah terkenal sampai ke mancanegara.  Bukan hanya menjajaki keindahan alamnya saja, traveler juga harus mencoba untuk mengenal tarian mistis boneka Sigale-gale yang sakral. Traveler bisa menemukan tarian ini di Pulau Samosir. Buat yang ingin menonton tarian mistis boneka Sigale-gale bisa datang ke Desa Tomok. detikTravel pernah berkunjung ke sana beberapa waktu yang lalu. Sigale-gale merupakan boneka kayu dengan ukuran tinggi seperti orang dewasa.

Mencoba Tarian Mistis Bareng Boneka Sigale-gale
Sigale-gale mengenakan pakaian adat lengkap dengan kain ulos yang menjadi lambang kebesaran budaya Batak. Boneka ini ditaruh di atas peti dengan lambang kepala manusia dengan tanduk. Sigale-gale punya sejarah yang menyedihkan lho ternyata. Kisah boneka ini berawal dari cerita Raja Rahat yang memiliki anak bernama Manggale. Dahulu kala, ketika masih memimpin menjadi raja di salah satu kerajaan di Samosir, Raja Rahat memerintahkan Manggale berperang melawan musuh di perbatasan. Tak disangka, putra semata wayangnya gugur di medan perang. Sedihnya lagi jenazahnya tak ditemukan. Sang raja pun sedih bukan kepalang hingga jatuh sakit.Untuk menghibur sang raja, rakyatnya membuat patung mirip Manggale yang dinamakan Sigale-gale atau si lemas-lemas. Dukun pun kabarnya ikut andil dalam memanggil roh si putra raja, sehingga patung kayu itu bisa menggerakkan tangan.

Mencoba Tarian Mistis Bareng Boneka Sigale-gale


Tak disangka, Raja Rahat berangsur-angsur sembuh dari sakitnya. Sejak saat itu, boneka Sigale-gale sering dimainkan. Biasanya boneka akan menari dengan iringan musik sordam dan gondang sabangunan. Rangkaian ritual sakral pun mengiringi gerakan Sigale-gale dan ada sejumlah penari ikut menari tor-tor bersama. Atraksi ini pun menarik banyak wisatawan untuk melihatnya. Pada salah satu prosesi adat Sigale-gale, turis juga boleh ikutan menari tor-tor di dekat si boneka lho.

1 komentar: