Selasa, 23 Agustus 2016

Sejarah & Manfaat Youtube

 

   Siapapun pasti kenal YouTube. Sejak memulai kiprahnya pada tahun 2005, kini YouTube telah berkembang menjadi situs berbagi video paling wahid di dunia serta berpenghasilan lebih dari 1 miliar dollar per tahunnya. Lantas bagaimana sejarah berdirinya YouTube hingga memperoleh pencapaian yang begitu fantastis seperti itu ? Simak kisahnya berikut.
Februari 2005, tiga orang mantan pegawai Paypal, Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim menciptakan sebuah situs dimana para penggunanya bisa mengunggah, melihat, dan berbagi video yang kemudian memberinya nama YouTube dan mendaftarkan domainnya yang beralamat di youtube.com pada 14 Februari 2005.
   Pada awal-awal karirnya, YouTube memiliki kantor yang terbilang sangat kecil yang teletak di lantai dua sebuah ruangan yang berada persis diantara dua restoran, yakni restoran Pizzera dan Japanese Cuisine. Pintu masuknya pun adalah pintu kecil yang diapit oleh kedua restoran tersebut. YouTube berkantor di tempat ini sampai Oktober 2006.
    Video pertama yang diunggah ke YouTube adalah video berjudul Me at the Zoo oleh Jawed Karim (salah satu pendiri YouTube) pada 23 April 2005.
6 bulan sejak dirilis ke publik, YouTube kemudian memperoleh suntikan dana dari 3,5 juta dolar dari Sequoia Capital. Setelah itu dilanjutkan lagi dengan tambahan 8 juta dolar dari Sequoia and Artis Capital pada April 2006.
Semenjak itu YouTube berkembang sangat pesat dan didaulat sebagai salah satu website yang paling cepat berkembang di dunia. Bahkan saat itu YouTube berada di peringkat 5 situs teramai di dunia versi Alexa, mengalahkan MySpace yang sudah berdiri jauh sebelum YouTube.
       
  Beberapa manfaat lain bagi para pengguna youtube yaitu : 1.Untuk memasarkan produk. Bagi anda yang memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara mengupload video anda tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana iklan yang gratis.
2 Dapat berbagai ilmu. Bukan hanya sebagai sarana hiburan, namun beberapa pengguna youtube juga mengupload bermacam-macam tutorial yang sangat berguna. Contohnya seperti resep masakan atau tutorial untuk memainkan alat musik sehingga anda tidak harus kursus jauh-jauh atau mengeluarkan biaya yang banyak.
Tidak sedikit juga kekurangan yang dapat membahayakan penggunanya. Contohnya seperti banyaknya informasi yang menyesatkan. Sebaiknya anda sangat berhati-hati dalam menggunakan youtube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar